Waralaba PinMart Memiliki Royalty Fee Yang Rendah
PlasaFranchise.com - Sudah menjadi rahasia umum, keberadaan mini market di tengah-tengah masyarakat sudah menjamur. Menjamurnya mini market dewasa ini secara tidak langsung merupakan respon akan kebutuhan masyarakatnya. Di sisi lain, sesaknya berbagai lokasi dengan berdirinya merek mini market satu dengan lainnya menunjukkan jika kompetisi di bisnis ini pun sangat sengit. Tak ayal, kekhawatiran lain muncul, keberadaan mini market akankah meredupkan usaha masyarakat sekitar?.
Maka, dibutuhkan keunggulan dan diferensiasi yang kuat untuk bertahan atau bahkan mampu memenangkan kompetisi tersebut dan secara social ikut memberdayakan masyarakat sekitar, bukan malah meredupkan pencaharian mereka.
Hal tersebut sangat dipahami dan disadari oleh PinMart, pendatang baru di industry mini market tanah air. Merek yang merupakan Koperasi Karyawan PT Indosat Tbk (KOPINDOSAT) pun menyiapkan beberapa strategi yang berbeda dengan pendahulunya.
Menurut Denny S Pribadi, PinMart bergerak di bidang retail consumer goods, dibentuk dan dijalankan dengan konsep modern dengan ciri khas; menjual produk kebutuhan konsumen dan dijamin hanya menjual produk halal, tampilan interior toko yang lebih dinamis dan menarik, dilengkapi produk fancy stationery unggulan, dikelola dengan standard managemen took yang didukung oleh system aplikasi terpadu secara online.
“Untuk memberdayakan masyarakat sekitar, kami menyediakan rak khusus berupa gerai kemitraan UKM sebagai bentuk kepedulian dan keberpihakan terhadap masyarakat sekitar toko yang memproduksi produk-produk khusus (makanan, kerajinan, dan lain-lain),” ulas Denny.
Selain itu, tutur Denny, PinMart memiliki tujuh keunggulan yang tidak dimiliki kompetitornya. Antara lain; franchise fee lebih murah, royalty fee hingga omset Rp 175 juta, royalty fee bulanan yang rendah, pembayaran surplus setelah bulan ke-4, menerima porsi pendapatan lain-lain yang lebih besar, tersedia gerai kemitraan UKM, dan dikelola oleh KOPINDOSAT.
Perusahaan yang telah berusia 29 tahun dengan pengalaman mengelola berbagai unit bisnis dan terpilih menjadi nomor 4 koperasi terbesar di Indonesia (versi buku 25 koperasi besar Indonesia tahun 2011), melalui unit bisnis retailnya telah membesarakan PinMart di berbagai kota besar di Indonesia dan saat ini sedang menawarkan kerjasama dengan mitra untuk memiliki mini market PinMart yang dikelola oleh KOPINDOSAT.
“Biaya investasi Rp 383 juta yang termasuk di dalamnya franchise fee selama 5 tahun, biaya start up & promosi GO, perijinan, renovasi & naik daya listrik, peralatan elektronik & non elektronik. Akan tetapi biaya tersebut di luar bangunan atau lokasi,” jelas Denny. (Baca juga : Peluang usaha Bisnis Retail Waralaba Minimarket )