Rutin Inovasi dan Ikuti Tren Pasar, Bisnis Laundry ini Tetap Survive

Pertama kali didirikan di Banjarmasin pada tahun 2007. Awalnya bisnis laundry ini tergolong masih sederhana. Dengan konsep rumahan dan modal dan peralatan seadanya, Kumala Laundry bermodalkan 1 mesin cuci dan 1 mesin pengering. Namun seiring berjalannya waktu bisnis ini mengalami kemajuan, saat ini gerai milik Kumala Laundry mencapai 70 gerai.

“Saya awalnya tertarik dengan bisnis ini karena tidak perlu modal yang terlalu besar dan juga bisa bertahan lama. Kumala Laundry sendiri sudah dijalankan secara profesional dan membuka kemitraan dari tahun 2012. Dan untuk pengelolaan kita punya tim manajemen khusus mulai dari pengawasan SOP, SDM serta keuangan,” papar Agus Triono, Direktur Kumala Laundry.

Menurutnya bisnis laundry merupakan salah satu usaha yang bisa bertahan dalam jangka panjang karena kebutuhan masyarakat akan laundry dalam tahun ke tahun semakin meningkat. Keuntungan dalam usaha laundry ini pun terbilang cukup memuaskan jika dikelola dengan baik dan profesional seperti yang selama ini telah dijalankan oleh Kumala Laundry.

Kumala Laundry menawarkan jasa laundry kiloan dan satuan. Diantaranya Jasa cuci kering, setrika, cuci komplit, gorden, boneka, bed cover hingga menerima cuci karpet. Untuk layanan harganya dari Rp 7 ribu/kg dan untuk satuan harga tergantung jenis dari barangnya.

Laundry yang dikonsep secara profesional baik dari segi kualitas yang selalu dijaga dan dilakukan standarisasi SOP, sesuai dengan yang telah ditetapkan manajemen sera pengawasan secara juga selalu dilakukan agar Kumala Laundry dapat memenuhi kepuasan pelanggan.

“Karena kami selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan dan kualitas terbaik kepada semua pelanggan Kumala laundry,” tegasnya.

Untuk investasi franchise Kumala Laundry saat ini Rp 167 juta all in termasuk semua peralatan, mesin, ongkos kirim, instalasi serta renovasi awal namun belum termasuk biaya sewa. Menurutnya Jika ada yang berminat bermitra bersama Kumala, pertama wajib mengisi form aplikasi dan sedikit wawancara yang nantinya dari sana akan bisa menjadi pertimbangan dari manajemen apakah calon mitra bisa bergabung bersama Kumala Laundry. 

Meski di masa pandemi Kumala Laundry tetap survive, hal ini dibuktikan ditahun 2020 lalu membuka 2 gerai dan di 2021 ada penambahan sebanyak 3 gerai.

Kumala Laundry dari waktu ke waktu terus melakukan inovasi dan mengikuti perkembangan zaman. Contohnya sistem kasir yang sudah dijalankan secara online dan pembayan yang dapat dilakukan secara digital. Selain itu juga Kumala Laundry juga memberikan layanan khusus satuan untuk penghilang noda yang mana bahan kimianya langsung di impor dari Jerman.

“Di Kumala Laundry sangat percaya diri dalam hal kualitas baik dari segi kebersihan, kerapian dan wangi. Kami memberikan garansi cuci ulang gratis jika tidak bersih,” jelasnya.

Berbagai promosi ditempuh Kumala Laundry untuk tetap eksis. Dari sisi marketing, Agus menyasar  berbagai platform seperti sosial media, televisi lokal, sms blast, bahkan endorsement di youtube. Tak lupa Kumala Laundry juga memberikan promo-promo yang menarik dan diskon khusus di waktu-waktu tertentu.

Rencana mendatang Kumala Laundry akan memperluas area jangkauan, tidak hanya di Kalimantan, selanjutnya Kumala Laundry juga membuka kemitraan di daerah lain seperti Jawa dan Sulawesi.

Video Pilihan dari INFOBRAND TV
DISCLAIMER
Media INFO OPPORTUNITY tidak bertanggungjawab atas segala bentuk transaksi yang terjalin antara pembaca, pengiklan, dan perusahaan yang tertuang dalam website ini. Kami sarankan untuk bertanya atau konsultasi kepada para ahli sebelum memutuskan untuk melakukan Kerjasama bisnis.

Member of:

Supported By: