Peluang Bisnis Kopi: Nestlé Dorong Pertumbuhan dengan Ekspansi Kedai NESCAFÉ
INFO OPPORTUNITY.ID-Pasar kopi di Indonesia terus menunjukkan tren pertumbuhan yang menjanjikan. Melihat potensi ini, PT Nestlé Indonesia semakin agresif memperluas jaringan Kedai NESCAFÉ di berbagai kota. Hingga kini, lebih dari 500 Kedai NESCAFÉ telah beroperasi di lebih dari 80 kota, mulai dari Solo, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Tangerang, Bekasi hingga berbagai kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan wilayah lainnya.
Ekspansi ini menjadi peluang menarik bagi para pelaku usaha dan investor yang ingin masuk ke industri kuliner, khususnya di segmen coffee shop yang terus berkembang.
Menurut data Snapcart 2023, 79% masyarakat Indonesia adalah pecinta kopi yang mayoritas mengonsumsi kopi setiap hari. Sementara laporan JakPat 2024 mencatat, satu dari lima Gen Z rela merogoh kocek Rp25 ribu – Rp50 ribu untuk secangkir kopi. Angka ini menunjukkan potensi besar bagi bisnis kedai kopi modern, termasuk Kedai NESCAFÉ yang menawarkan konsep berbeda dengan standar kualitas global.
Dukungan Nestlé untuk Mitra Bisnis
Sufintri Rahayu, Direktur Corporate Affairs & Sustainability PT Nestlé Indonesia menegaskan, kehadiran Kedai NESCAFÉ adalah bentuk komitmen Nestlé dalam menghadirkan pengalaman ngopi terbaik yang bisa dinikmati masyarakat luas. “Harapan kami, Kedai NESCAFÉ bukan hanya jadi tempat ngopi, tapi juga menjadi bagian dari gaya hidup dan rutinitas masyarakat Indonesia,” ujarnya.
Sementara itu, Mochamad Machfud, Country Business Manager Nestlé Professional Indonesia menjelaskan bahwa Kedai NESCAFÉ didesain hadir di titik-titik strategis, dekat dengan keseharian masyarakat. Hal ini membuka kesempatan bagi para calon mitra untuk menjangkau konsumen lebih luas dengan brand yang sudah terpercaya.
Untuk menjaga kualitas layanan, saat ini Nestlé menggandeng PT Ansena sebagai operator berpengalaman di industri F&B. Meskipun saat ini Kedai NESCAFÉ dijalankan dengan model non-kemitraan, potensi untuk dikembangkan menjadi model bisnis kemitraan atau franchise di masa mendatang sangat terbuka. Pola ini menjadi daya tarik bagi investor yang ingin bergabung dengan ekosistem brand global seperti Nestlé.
Selain berbagai varian kopi NESCAFÉ, kedai ini juga menghadirkan menu populer lain seperti MILO dan NESTEA. Setiap sajian dibuat dengan teknik khusus, termasuk penggunaan shaker untuk menghasilkan cita rasa konsisten dan sensasi segar yang berbeda dari coffee shop biasa.
Dengan tren kopi yang terus naik, dukungan brand global, serta standar kualitas terjaga, bisnis kedai kopi berbasis kemitraan seperti Kedai NESCAFÉ berpotensi menjadi salah satu peluang usaha yang menguntungkan di tahun-tahun mendatang.