Menelusuri Kiat Sukses Bisnis Kebab Baba Rafi yang Menapaki Tahun ke-17
Siapa yang tak kenal kebab Baba Rafi, Pionir Kebab no. 1 di Indonesia ini kian memantapkan bisnisnya. Di bawah naungan PT Baba Rafi Indonesia atau kerap disebut Baba Rafi Enterprise, tumbuhlah berbagai jenis bidang bisnis yang semuanya sama-sama besar.
Baba Rafi Enterprise membawahi bidang bisnis antara lain Kebab Turki Baba Rafi, Container Kebab, Ngikan, Cakekinian, Aura Dermatology, Nyapii, Nyayap, hingga Forresthree Coffee.
Kebab Babarafi sendiri saat ini sudah memiliki cabang di 10 negara. Ke-10 negara tersebut antara lain Indonesia, Malaysia, Filipina, Sri Lanka, Brunei Darussalam, China, Bangladesh, Belanda, Singapura, dan India. Total, Hendy telah membuka 1.300 cabang di berbagai negara.
Kebab Baba Rafi ini mengawali bisnisnya di Surabaya ini menawarkan para investor dengan skema franchise. Adapun paket investasi nya mulai dari Rp75 juta untuk tipe black booth hingga Rp300 juta untuk tipe container kebab dengan estimasi BEP 1,4 tahun.
Untuk tipe black both, omzet rata-rata per bulan bisa mencapai Rp30 juta. Dengan pengeluaran yang diestimasikan sebesar 55 persen, investor bisa mendapatkan keuntungan bersih Rp7,8 juta per bulan. Sementara tipe container kebab, keuntungan bersih nya mencapai Rp23,4 juta dengan omzet rata-rata bulanan mencapai Rp90 juta.
Saat ini, pengelolaan secara syariah juga bisa dilakukan dengan pengelolaan usaha yang terpusat melalui sistem bagi hasil 50:50 antara franchisee dan franchisor. Dengan modal awal Rp75 juta dan estimasi BEP selama 2,3 tahun investor mendapatkan keuntungan bersih Rp2,7 juta per bulan.
"Kami hadir sudah 17 tahun, ini menunjukkan kami diminati mulai kalangan anak kecil muda hingga tua. Kami berusaha berikan informasi sesuai dengan kenyataan real dan buktikan dengan gerai yang sudah ribuan," ungkap Hendy Setiono, Owner Babarafi Enterprise.
memaparkan fasilitas penawaran peluang investasi yang diberikan termasuk lengkap untuk menjaga kualitas penyajian menu. Kemudian, investor maupun pihak yang ditunjuk menjaga kios terlebih dahulu bakal diberikan pelatihan awal dan berkala selain dukungan paket perlengkapan selama masa kerja berlangsung.
"Baba Rafi menyediakan dukungan tim manajemen yang solid, sistem kami komplit sampai perlengkapan software keuangan dan lokasinya kami bantu negosiasi dan armada ekspedisi kami juga ada untuk antar bahan baku," paparnya.
Selain bahan baku dan fasilitas, Kebab Baba Rafi juga memberikan fasilitas promosi di platform digital. Kerja sama telah dilakukan dengan Grab Food maupun Go Food untuk bisa menikmati layanan pesan antar makanan dan promo diskon yang digemari masyarakat milenial.
Kesuksesan bisnis yang dibesut Hendy tidaklah mudah. Ia mendirikan bisnisnya ini dengan jerih payah. Salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis yang selalu ia terapkan adalah kedisiplinan.
“Sebagai pelaku usaha, kalau kita ingin mengembangkan bisnis dan bisa bermanfaat, tentu membutuhkan satu komitmen dan disiplin, ”jelasnya.
Hendy tak berpuas diri dengan bisnis yang sudah ada. Maka, ia pun terus melakukan inovasi dan berkolaborasi dengan influencer, sehingga bisa menelurkan brand-brand yang viral. Sebagai contoh Ngikan (resto Fish & Chips ala Indonesia), hingga saat ini sudah beroperasi sebanyak 175 cabang, dengan menggandeng influencer Rachel Vennya sebagai mitra. Rachel Vennya adalah selebritas Instagram (selebgram).
Kunci keberhasilan Baba Rafi Enterprise sendiri memiliki kekuatan dalam menyinergikan skill yang berbeda-beda, kemudian dirangkai satu demi satu. Menurutnya, mengembangkan bisnis dengan sistem waralaba tidak hanya menghadirkan lapangan kerja baru, yang tentunya membutuhkan tenaga kerja baru pula, tetapi juga entrepreneur baru.
Untuk kemampuan developing others, Hendy mengaku selalu memberikan kesempatan kepada tim manajemen Baba Rafi untuk dapat berkembang, yakni melalui tantangan-tantangan baru dalam menjalankan bisnis. Lalu, memberikan kesempatan kepada partner bisnis yang memiliki pengalaman berbeda untuk berkolaborasi dan membuktikan diri dalam kontribusi menjalankan bisnis bersama. Misalnya, kolaborasi dengan influencer yang notabene berpengalaman sebagai kreator konten untuk berkembang menjadi pebisnis andal.