Kopi Kenangan Kini Garap Produk FMCG lewat Kopi Kemasan
Startup unicorn Kopi Kenangan mulai merambah ke sektor fast-moving consumer goods (FMCG) dengan meluncurkan produk kopi kemasan siap minum atau ready to drink. Peluncuran produk baru ini merupakan upaya Kopi Kenangan dalam memperluas pangsa pasar dan menyasar segmen pasar yang berbeda dari konsumen kopi premium.
Produk tersebut rencananya mulai didistribusikan secara nasional pada akhir bulan Januari 2022 melalui toko ritel Alfa Group (Alfamart dan Alfamidi) serta Indomaret. Kopi kemasan “Kopi Kenangan Hanya Untukmu” ini rencananya juga bakal dihadirkan di supermarket dan e-commerce.
Dalam penjelasan pihak Kopi Kenangan, kopi kemasan ini diproduksi dengan menggabungkan proses modern dengan pengolahan tradisional yang dilakukan oleh para petani yang berada di Kampung Adat, Jawa Barat. Para petani ini bertugas memanen nira yang merupakan bahan baku dari gula aren.
Produk baru Kopi Kenangan menambah deretan jumlah brand yang sudah lebih dulu diluncurkan, seperti brand Cerita Roti, makanan ringan Chigo, dan kue soft baked Kenangan Manis.
James Pranato, Co Founder Kopi Kenangan mengungkapkan, Kopi Kenangan selalu membuat inovasi, dan Kopi kenangan Hanya Untukmu adalah salah satu bentuk komitmen kami dalam inovasi dan pengembangan produk terus menerus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kopi lokal berkualitas.
Peluncuran produk baru dilakukan Kopi Kenangan beberapa saat setelah perusahaan mengantongi pendanaan senilai US$96 juta (sekitar Rp1,3 triliun) dalam putaran Seri C. Tambahan modal ini menjadikan Kopi Kenangan berstatus unicorn.
Sejak didirikan tahun 2017, Kopi Kenangan mengklaim telah membuka lebih dari 600 gerai yang tersebar di 45 kota di Indonesia dan memiliki karyawan sebanyak 3 ribu orang. Perusahaan juga mengaku sudah menjual lebih dari 40 juta gelas kopi sepanjang tahun 2021.