Kiprah Ratu Kecantikan Indonesia yang Berhasil Kembangkan Martha Tilaar Group
Profil Martha Tilaar menarik untuk diulas karena memberi inspirasi untuk banyak orang. Berpuluh tahun menggeluti bisnis kecantikan, Dr Martha Tilaar memiliki perusahaan multinasional Martha Tilaar Group.
Mengawali pendidikan kecantikannya di Academy of Beauty Culture di Bloomington Amerika Serikat, Martha Tilaar muda mengawali karir bisnisnya di ruangan seukuran garasi, dengan bermodalkan home made cosmetics.
Dirinya yang hanya memiliki satu orang pegawai pun memasarkan produknya secara door to door. Kecintaan dan percaya dirinya terhadap dunia kecantikan makin besar, ketika timbul desakan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya yang miskin mengemuka.
Produk kecantikan pertama yang Ia buat adalah sebuah masker untuk pengobatan jerawat, tapi tak seperti perusahaan besar yang memiliki dana besar untuk penelitian, Martha Tilaar justru merelakan dirinya sebagai kelinci percobaan.
Namun bukan berarti semuanya berjalan dengan mudah. "Produk saya juga sempat tidak dilirik konsumen," ungkapnya.
Tetapi dengan kerja keras dan motivasinya untuk memperkenalkan kekayaan alam Indonesia di mata dunia, Martha Tilaar kini telah menjelma jadi ratu kecantikan Indonesia yang diakui internasional.
Meski telah mengantongi banyak penghargaan dan namanya telah diakui dunia sebagai salah satu wanita sukses asal Indonesia, namun Martha tak pernah melupakan kodratnya sebagai wanita dan seorang istri. Ia pun mengimbau kepada seluruh wanita sukses untuk tetap menghargai kehadiran para kaum lelaki. Dan bila ingin sukses, maka harus mengubah diri sendiri terlebih dahulu.
“Meskipun kita sudah maju, janganlah kita merendahkan pria. Kalau kita sudah banyak duitnya, jangan pula merendahkan pria. Karena pria juga harus dihargai. Hidup adalah perjalanan. Ada yang sukses, hebat, tetapi kita juga sering bertemu dengan keadaan sulit. Ayah saya selalu bilang, kalau mau mengubah dunia, harus mulai dengan diri sendiri,” jelasnya.
Martha pun mengakui jika dirinya tidak terlahir dari kalangan kelas atas, namun dari kerja kerasnya, ia berhasil mencuri perhatian dunia dan diakui sebagai seorang pakar kecantikan.
”Saya bukan anak orang kaya, saya justru dari kalangan biasa saja, tapi saya memiliki satu tujuan. Untuk itu, marilah kita bangun negara dengan kearifan yang ada dan kekayaan alam yang kita miliki. Kita harus melihat ke belakang untuk menjalankan sebuah tujuan dan melangkah ke depan untuk mencapai kesuksesan,” lanjutnya.
Sementara itu, produk-produknya tidak hanya sebatas dipasarkan di Indonesia, namun telah merambah hingga Korea Selatan, Rusia, Kroasia, Polandia, Eastern Europe, sampai kawasan Asia Pasifik.
Dengan memegang filosofi Rupasampat Wahyabyantara yakni ide kecantikan alami yang abadi adalah memadukan antara kecantikan luar dan dalam, Martha Tilaar berharap agar dedikasinya bisa menumbuhkan jiwa entrepreneur dikalangan masyarakat Indonesia.
Karena menurutnya, negara besar dan kaya seperti Indonesia, tidak selayaknya bertingkah seperti layaknya orang miskin.
"Sebab jika Anda memiliki kejujuran, disiplin, inovasi, ketekunan dan kerja keras, semuanya akan bisa terlaksana," ujarnya.
Wanita yang mengaku kesulitan untuk menembus pasar internasional ini juga berharap, agar pemerintah lebih melindungi keberadaan produk domestik.
Kedepannya, Martha Tilaar mengaku tengah fokus untuk memperdalam produk spa, wanita yang telah memiliki empat buah pabrik kosmestik, ribuan merek produk kecantikan, obat-obatan, suplemen makanan ini mengatakan, demam spa kini tengah melanda dunia, dan faktanya,masyarakat luar juga tengah gandrung untuk menggunakan produk-produk alami.
"Oleh karena itu, kita sebagai negara yang kaya akan bahan alam sangat berpeluang untuk meraup pangsa pasar yang besar," tuturnya.