KEDAI 27! Bisnis Kopi Murah Dengan Cita Rasa Mewah
Bisnis waralaba kedai kopi untuk segmentasi pasar menengah kebawah rupanya mempunyai potensi bisnis yang lebih menggiurkan ketimbang segmentasi pasar menengah keatas. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya brand waralaba kedai kopi yang mengincar pasar tersebut dengan nama KEDAI 27. Bisnis kedai kopi yang berpusat di Surabaya ini tampil menawan dengan menyajikan konsep varian kopi yang sangat inovatif dengan menjangkau segmentasi pasar menengah kebawah.
Owner KEDAI 27 Michael Alfredo mengakui bahwa bisnisnya sengaja mengincar segmetasi pasar menengah kebawah dengan bermaksud mengenalkan kepada masyarakat lapisan menengah kebawah tentang varian kopi yang beragam. “Kalau kita lihat, segmen menengah kebawah ini lebih mengenal kopi instan yang biasa dibeli warung-warung. Makanya kita menawarkan kepada mereka tentang kopi yang sebenarnya dari biji kopi asli dengan best espresso,” katanya kepada franchiseglobal.com.
Saat ini, lanjut Michael, KEDAI 27 sudah memiliki outlet milik sendiri sebanyak 15 dan untuk franchisenya sebanyak 30. Menurutnya, peta penyebaran outet KEDAI 27 tersebar diseluruh wilayah Indonesia. “Pusatnya memang di Surabaya. Namun kita juga sudah buka di Palu, Pontianak, Manokwari, Kupang, Lombok dan lainnya,” terangnya.
Adapun untuk nilai investasinya, Michael menjelaskan bahwa nilai investasi KEDAI 27 sangat terjangkau yakni hanya 80 juta rupiah. “Plus deposit untuk bahan baku sebesar 5 juta rupiah. Setiap investor yang bergabung dengan kita cukup cari tempat dan pegawai saja. Selebihnya kita semua yang menanganinya bahkan hingga training untuk pegawai pun kita yang ajarkan,” ujarnya.
Untuk harga produknya pun, kata Michael, tergolong sangat murah mulai dari tujuh ribu rupiah hingga 12 ribu rupiah. Namun, untuk urusan rasa jangan salah. Sebab, kata dia, meski harganya murah rasa yang diberikan oleh KEDAI 27 setingkat dengan kopi mewah.
Kini, bisnis yang didirikan di kota pahlawan sejak tahun 2013 itu telah menjangkau pasar penikmat kopi kelas menengah sampai menengah kebawah yang menginginkan suasana yang lebih nyaman dari sekedar warung kopi pinggir jalan.
Kedai 27 pun tetap menghasilkan rasa dan aroma terbaik dari biji kopi nusantara yang diracik menggunakan mesin manual hasil karya anak bangsa yang hasilnya bersaing dengan mesin kopi harga puluhan juta rupiah. “Misi saya adalah mengenalkan kopi Indonesia dengan cita rasa terbaik namun dengan harga yang terjangkau untuk semua golongan,” ucapnya.