KARA Hadir di SIAL Interfood 2025, Tegaskan Eksistensi Indonesia sebagai Pusat Inovasi Olahan Kelapa Dunia
INFO OPPORTUNITY.ID– KARA, produk turunan kelapa asli Indonesia di bawah naungan SAMBU Group, kembali memeriahkan gelaran Salon International de L’Alimentation (SIAL Interfood) ke-26 yang berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 12–15 November 2025.
Keikutsertaan KARA di ajang pameran industri makanan dan minuman berskala internasional ini semakin menegaskan posisi Indonesia sebagai salah satu pusat kekayaan kuliner berbasis kelapa di mata dunia.
Selama empat hari pameran, KARA tidak hanya menampilkan rangkaian produk olahan kelapa unggulan, tetapi juga menghadirkan pengalaman kuliner langsung bagi pengunjung melalui serangkaian demo masak (live cooking).
“Dalam kegiatan ini, KARA tidak hanya memamerkan produk olahan kelapa terbaiknya, namun juga menampilkan beberapa kegiatan. Selama empat hari kegiatan, kami juga mengadakan beberapa kali demo masak oleh beberapa chef dari hotel ternama di Jakarta,” ujar Dwianto Arif, Corporate Communication Manager SAMBU Group, produsen KARA.
Rangkaian live cooking KARA di SIAL Interfood 2025 diisi oleh kolaborasi dengan berbagai hotel ternama di Jakarta.
-
Hari pertama: The 101 Jakarta Sedayu Darmawangsa
-
Hari kedua: Chef Karel Alexander
-
Hari ketiga: Sunlake Waterfront Resort & Convention
-
Hari keempat: Manhattan Hotel Jakarta
Aktivitas ini menjadi panggung untuk menunjukkan beragam kreasi menu berbahan dasar kelapa, sekaligus menginspirasi pelaku industri food service maupun pengunjung profesional lain yang hadir.
Sebagai pameran tahunan industri makanan dan minuman, SIAL Interfood dikenal sebagai platform Business to Business (B2B) yang mempertemukan pelaku usaha dari berbagai segmen — mulai dari industri makanan-minuman, hotel, restoran, kafe, hingga jasa boga.
Tahun ini, SIAL Interfood 2025 menargetkan lebih dari 1.500 peserta dari 26 negara, menjadikannya ajang strategis untuk promosi produk, penjajakan kerja sama, dan pencarian solusi bisnis. Kementerian Pariwisata turut mengapresiasi serta mendukung penuh penyelenggaraan SIAL Interfood 2025 sebagai bagian dari penguatan inovasi dan kolaborasi di sektor kuliner Indonesia.
Bagi SAMBU Group, kehadiran di SIAL Interfood bukan sekadar aktivitas pameran, melainkan wujud komitmen untuk memajukan industri kelapa nasional. Bagi perusahaan, kelapa bukan hanya komoditas, tetapi bagian penting dari identitas kuliner dan budaya Indonesia.
Melalui berbagai inovasi olahan kelapa, KARA berupaya menjadikan produk-produk berbasis kelapa sebagai medium diplomasi rasa yang mampu membawa kekayaan alam Indonesia ke pasar global.
“Semangat KARA dalam mendukung kegiatan SIAL Interfood ke-26 ini menjadi ajang untuk mengenalkan kebaikan produk olahan kelapa pilihan kami ke pasar yang lebih luas, sekaligus memperkuat hubungan baik dengan para pemangku kepentingan, terutama pelanggan setia. Semoga keikutsertaan KARA dapat menambah kekayaan kuliner, baik dalam lingkup nasional maupun internasional,” tutup Dwianto Arif.
Sebagai informasi, KARA dikenal sebagai pelopor santan kemasan aseptik di Indonesia, dengan sekitar 90% bahan baku kelapa berasal dari petani lokal. Melalui SAMBU Group, perusahaan membangun kemitraan jangka panjang dengan petani kelapa dan komunitas sekitar pabrik, di antaranya melalui pembangunan infrastruktur, kegiatan sosial, religi, dan pendidikan.
Dengan demikian, setiap produk KARA tidak hanya membawa cita rasa kelapa Indonesia ke meja konsumen dunia, tetapi juga berkontribusi langsung pada peningkatan kesejahteraan petani kelapa di Tanah Air.