Tokopedia dan TikTok Shop Luncurkan Program KALCER untuk Dukung UMKM Digital

INFO OPPORTUNITY.ID-Dalam upaya memperkuat pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan meningkatkan daya saing bisnis mereka di era digital, Tokopedia dan TikTok Shop, berkolaborasi dengan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, meluncurkan program KALCER (Kemenperin Angkat Lokal Cepat Terkenal).
Program ini bertujuan memberikan wawasan praktis kepada ratusan pelaku UMKM mengenai cara memulai dan mengelola toko online di Tokopedia dan TikTok Shop. Selain itu, program ini juga memberikan edukasi terkait konsep #JualanNyaman dan #BelanjaAman, serta berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan, seperti Live Stream dan Program Afiliasi.
Vonny Susamto, Direktur Tokopedia dan TikTok E-Commerce Indonesia, menyatakan, “Kami terus berkomitmen mendukung UMKM lokal yang berkelanjutan. Melalui peluncuran program KALCER pada hari ini, kami ingin memberikan pelatihan yang komprehensif, mulai dari cara membuka toko hingga strategi peningkatan penjualan dan pendapatan di platform kami.”
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Perindustrian Republik Indonesia Faisol Riza menambahkan, “Program KALCER adalah bentuk nyata dukungan pemerintah terhadap UMKM lokal di tengah transformasi digital. Kolaborasi dengan Tokopedia dan TikTok Shop diharapkan dapat mempercepat digitalisasi UMKM dan memperluas akses pasar mereka, sehingga produk lokal bisa lebih kompetitif di pasar domestik.”
Sejauh ini, Tokopedia dan TikTok Shop telah menjadi rumah bagi jutaan penjual, sebagian besar dari mereka adalah UMKM. Sinergi antara kedua platform ini telah meningkatkan penjualan secara signifikan. Misalnya, UMKM yang memiliki akun di kedua platform mengalami kenaikan penjualan hingga 118%. Selain itu, kampanye Beli Lokal yang digagas Tokopedia dan TikTok Shop turut mendorong peningkatan penjualan hingga 70%, terutama selama bulan Ramadan.
Verrell Gunawan, CEO No Void Minds, salah satu UMKM yang berhasil memanfaatkan kedua platform ini, mengungkapkan, “Berpartisipasi dalam kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan TikTok Shop membantu brand kami mendapatkan eksposur yang lebih besar, serta meningkatkan transaksi dan brand awareness. Berkat optimisasi penjualan di kedua platform ini, omzet kami melesat tiga kali lipat pada tahun 2024, dengan total penjualan mencapai Rp3 miliar per bulan.”
Ruth Setiaty, Chief of Business Unit Retail Officer Minimal, juga berbagi pengalaman positifnya. “Melalui Tokopedia dan TikTok Shop, kami berhasil menjangkau pembeli di kota-kota kecil di Indonesia. Berbagai kampanye yang kami ikuti, seperti Beli Lokal, memberikan dampak signifikan pada penjualan, terutama di TikTok Shop, yang mencatatkan peningkatan hingga 80%.”
Dengan program KALCER ini, Tokopedia dan TikTok Shop berkomitmen untuk terus mendorong UMKM lokal agar semakin berdaya saing di pasar digital.