BPDP Luncurkan Katalog 100 Produk UKM dan Koperasi Kelapa Sawit

INFO OPPORTUNITY.ID-Untuk mempromosikan komoditas kelapa sawit dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) resmi meluncurkan Katalog 100 Produk UKM dan Koperasi (UKMK) Kelapa Sawit.

Katalog edisi kedua ini mencakup penambahan produk-produk UKMK sawit baru yang diproduksi sepanjang tahun 2024–2025. Peluncuran ini merupakan bentuk pengembangan dan penyempurnaan dari edisi pertama yang telah diluncurkan pada tahun 2023.

Menurut Direktur Utama BPDP, Eddy Abdurachman, secara garis besar, katalog ini menunjukkan “pemanfaatan kelapa sawit untuk produk pangan, wastra, kriya, perawatan tubuh, kosmetik dan produk organik yang dapat diproduksi pada skala UKMK”.

Katalog ini memuat 100 produk unggulan dari UKMK petani sawit di berbagai daerah. Produk-produk tersebut mencerminkan potensi pemanfaatan komoditas sawit secara menyeluruh, mulai dari minyak sawit berkelanjutan, produk turunan bernilai ekonomi tinggi, hingga olahan limbah seperti kerajinan, personal care, dan pupuk organik.

Eddy menambahkan bahwa katalog ini menjadi wujud kontribusi BPDP bersama UKMK sawit dalam mendorong transformasi industri kelapa sawit ke arah yang lebih hijau, inklusif, berdaulat, dan berkelanjutan.

BPDP meyakini bahwa kemitraan bersama UKMK sawit merupakan sarana yang efektif untuk mempromosikan manfaat kelapa sawit kepada masyarakat. Adapun upaya promosi dan pengembangan pemanfaatan sawit dalam produksi produk UKMK dapat mendorong tumbuhnya wirausaha baru berbasis kelapa sawit yang berpeluang membuka lapangan kerja skala mikro di daerah.

“Hal ini merupakan wujud pemberdayaan ekonomi masyarakat di daerah-daerah sentra sawit maupun daerah non-sentra sawit. Terlebih lagi, Kelapa sawit telah menjadi salah satu pilar penting perekonomian nasional,” kata Eddy.

Diakui Eddy, katalog ini diharapkan menjadi sumber informasi untuk pembelian produk-produk UKMK sawit, sekaligus menjadi inspirasi kolaborasi dan pembelajaran bagi UKM, koperasi, petani, pelaku usaha, pemerintah, investor, dan masyarakat luas untuk pemanfaatan dan pengembangan produk-produk kelapa sawit dan turunannnya skala UKM.

Pada tahun 2023, capaian sasaran program pengembangan UKMK Sawit sebanyak 547 pelaku UKMK. Tahun 2024 jumlahnya meningkat menjadi 798 pelaku UKMK. Sementara itu, hingga Mei 2025, capaian sasaran promosi UKMK sawit telah mencapai 532 pelaku UKMK. 

Video Pilihan dari INFOBRAND TV
DISCLAIMER
Media INFO OPPORTUNITY tidak bertanggungjawab atas segala bentuk transaksi yang terjalin antara pembaca, pengiklan, dan perusahaan yang tertuang dalam website ini. Kami sarankan untuk bertanya atau konsultasi kepada para ahli sebelum memutuskan untuk melakukan Kerjasama bisnis.

Member of:

Supported By: